Perbedaan Noken As In dan Ex Satria FU yang Perlu Diketahui

Noken as adalah salah satu komponen penting dalam mesin sepeda motor yang berfungsi untuk mengatur buka tutup katup. Noken as terdiri dari dua jenis, yaitu noken as in (intake) dan noken as ex (exhaust). Kedua jenis noken as ini memiliki perbedaan yang perlu kalian ketahui, terutama jika kalian ingin meningkatkan performa mesin Satria FU kalian.

Satria FU adalah salah satu motor bebek sport yang populer di Indonesia. Motor ini memiliki desain yang sporty dan mesin yang bertenaga. Namun, bagi sebagian penggemar motor, performa mesin Satria FU masih bisa dioptimalkan dengan melakukan beberapa modifikasi. Salah satu modifikasi yang sering dilakukan adalah mengganti noken as standar dengan noken as racing.

Noken as racing adalah noken as yang memiliki profil yang berbeda dengan noken as standar. Profil noken as racing biasanya lebih tinggi dan lebih panjang, sehingga dapat meningkatkan durasi buka tutup katup. Dengan demikian, aliran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar menjadi lebih banyak, dan hasilnya adalah tenaga yang lebih besar.

Namun, tidak semua noken as racing cocok untuk mesin Satria FU. Kalian harus memperhatikan perbedaan antara noken as in dan noken as ex, serta karakteristik mesin Satria FU kalian. Apa saja perbedaan noken as in dan noken as ex, dan bagaimana cara memilih noken as racing yang tepat untuk Satria FU kalian? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Noken As In dan Noken As Ex

Noken as in dan noken as ex memiliki perbedaan yang terletak pada profil, timing, dan lift. Profil adalah bentuk atau kontur dari noken as yang menentukan durasi buka tutup katup. Timing adalah waktu atau sudut putaran kruk as yang menentukan kapan katup mulai terbuka dan tertutup. Lift adalah tinggi atau jarak maksimum yang ditempuh oleh katup saat terbuka.

1. Profil Noken As

Profil noken as in dan noken as ex biasanya berbeda, tergantung dari tujuan dan karakteristik mesin. Secara umum, noken as in memiliki profil yang lebih tinggi dan lebih panjang daripada noken as ex. Hal ini karena noken as in bertugas untuk mengatur aliran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, sehingga membutuhkan durasi buka tutup katup yang lebih lama. Sedangkan noken as ex bertugas untuk mengatur aliran gas buang yang keluar dari ruang bakar, sehingga membutuhkan durasi buka tutup katup yang lebih pendek.

2. Timing Noken As

Timing noken as in dan noken as ex juga berbeda, tergantung dari rasio kompresi dan putaran mesin. Secara umum, noken as in memiliki timing yang lebih awal daripada noken as ex. Hal ini karena noken as in harus membuka katup sebelum titik mati atas (TMA) untuk memastikan aliran udara dan bahan bakar yang cukup. Sedangkan noken as ex harus menutup katup setelah titik mati bawah (TMB) untuk memastikan pembakaran yang sempurna.

3. Lift Noken As

Lift noken as in dan noken as ex juga berbeda, tergantung dari ukuran katup dan ruang bakar. Secara umum, noken as in memiliki lift yang lebih tinggi daripada noken as ex. Hal ini karena noken as in harus membuka katup sejauh mungkin untuk memaksimalkan aliran udara dan bahan bakar. Sedangkan noken as ex harus membuka katup secukupnya untuk meminimalkan hambatan aliran gas buang.

Cara Memilih Noken As Racing untuk Satria FU

Setelah mengetahui perbedaan noken as in dan noken as ex, kalian harus memilih noken as racing yang sesuai dengan mesin Satria FU kalian. Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan, yaitu:

  • Jenis mesin Satria FU kalian, apakah karburator atau injeksi. Mesin karburator dan injeksi memiliki sistem pengabutan bahan bakar yang berbeda, sehingga membutuhkan noken as racing yang berbeda pula. Secara umum, mesin karburator cocok dengan noken as racing yang memiliki profil, timing, dan lift yang lebih tinggi daripada mesin injeksi. Hal ini karena mesin karburator membutuhkan aliran udara dan bahan bakar yang lebih banyak untuk mencapai tenaga yang optimal. Sedangkan mesin injeksi sudah memiliki sistem pengabutan bahan bakar yang presisi, sehingga tidak membutuhkan aliran udara dan bahan bakar yang terlalu banyak.
  • Ukuran piston dan klep Satria FU kalian, apakah standar atau overbore. Piston dan klep adalah dua komponen yang berhubungan langsung dengan noken as. Piston adalah komponen yang bergerak naik turun di dalam silinder, sedangkan klep adalah komponen yang bergerak buka tutup di atas silinder. Ukuran piston dan klep menentukan volume ruang bakar dan aliran udara dan bahan bakar. Secara umum, piston dan klep yang lebih besar cocok dengan noken as racing yang memiliki profil, timing, dan lift yang lebih tinggi daripada piston dan klep yang lebih kecil. Hal ini karena piston dan klep yang lebih besar membutuhkan aliran udara dan bahan bakar yang lebih banyak untuk mengisi ruang bakar yang lebih besar.
  • Karakteristik mesin Satria FU kalian, apakah low, mid, atau high speed. Karakteristik mesin adalah kecenderungan mesin untuk menghasilkan tenaga maksimal pada rentang putaran tertentu. Mesin low speed menghasilkan tenaga maksimal pada putaran rendah, mesin mid speed menghasilkan tenaga maksimal pada putaran menengah, dan mesin high speed menghasilkan tenaga maksimal pada putaran tinggi. Karakteristik mesin menentukan pilihan noken as racing yang sesuai. Secara umum, mesin low speed cocok dengan noken as racing yang memiliki profil, timing, dan lift yang lebih rendah daripada mesin mid atau high speed. Hal ini karena mesin low speed membutuhkan aliran udara dan bahan bakar yang lebih sedikit untuk mencapai tenaga yang optimal pada putaran rendah. Sedangkan mesin mid atau high speed membutuhkan aliran udara dan bahan bakar yang lebih banyak untuk mencapai tenaga yang optimal pada putaran menengah atau tinggi.

Contoh Noken As Racing untuk Satria FU

Berikut adalah beberapa contoh noken as racing yang bisa kalian pilih untuk mesin Satria FU kalian, beserta spesifikasi dan harganya:

  • Noken As TDR Satria FU. Noken as ini adalah produk dari TDR, salah satu merek aftermarket yang terkenal di Indonesia. Noken as ini memiliki profil, timing, dan lift yang lebih tinggi daripada noken as standar, sehingga dapat meningkatkan tenaga mesin Satria FU kalian. Noken as ini cocok untuk mesin karburator atau injeksi, piston dan klep standar atau overbore, dan karakteristik mesin mid atau high speed. Harga noken as ini adalah sekitar Rp 500.000.
  • Noken As CMS Satria FU. Noken as ini adalah produk dari CMS, salah satu merek aftermarket yang populer di Indonesia. Noken as ini memiliki profil, timing, dan lift yang lebih tinggi daripada noken as standar, sehingga dapat meningkatkan tenaga mesin Satria FU kalian. Noken as ini cocok untuk mesin karburator atau injeksi, piston dan klep standar atau overbore, dan karakteristik mesin mid atau high speed. Harga noken as ini adalah sekitar Rp 400.000.
  • Noken As RSR Satria FU. Noken as ini adalah produk dari RSR, salah satu merek aftermarket yang berkualitas di Indonesia. Noken as ini memiliki profil, timing, dan lift yang lebih tinggi daripada noken as standar, sehingga dapat meningkatkan tenaga mesin Satria FU kalian. Noken as ini cocok untuk mesin karburator atau injeksi, piston dan klep standar atau overbore, dan karakteristik mesin high speed. Harga noken as ini adalah sekitar Rp 600.000.

Tips Memasang Noken As Racing untuk Satria FU

Setelah memilih noken as racing yang sesuai dengan mesin Satria FU kalian, kalian harus memasangnya dengan benar agar tidak menimbulkan masalah. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian ikuti:

  • Pastikan noken as racing yang kalian beli sudah sesuai dengan spesifikasi mesin Satria FU kalian. Periksa profil, timing, dan lift noken as racing dengan menggunakan alat ukur seperti dial indicator atau degree wheel. Jika ada perbedaan yang signifikan, kalian harus mengatur ulang timing noken as racing agar sesuai dengan timing mesin Satria FU kalian.
  • Pastikan kalian sudah memiliki alat-alat yang dibutuhkan untuk memasang noken as racing, seperti kunci pas, obeng, tang, busi, dll. Juga siapkan pelumas yang sesuai untuk noken as racing, seperti oli mesin atau grease. Pelumas berguna untuk mengurangi gesekan dan panas antara noken as racing dan komponen lainnya.
  • Pastikan kalian sudah mematikan mesin Satria FU kalian dan menunggu hingga mesin dingin sebelum memasang noken as racing. Hal ini untuk mencegah kerusakan akibat panas yang berlebihan pada mesin. Juga lepaskan aki dan busi untuk mencegah korsleting listrik saat memasang noken as racing.
  • Buka tutup klep Satria FU kalian dengan menggunakan kunci pas. Tutup klep adalah bagian yang menutupi noken as dan klep di atas silinder. Kalian harus membuka tutup klep untuk mengganti noken as standar dengan noken as racing. Hati-hati saat membuka tutup klep, jangan sampai merusak segel atau bautnya.
  • Lepaskan rantai keteng Satria FU kalian dengan menggunakan obeng. Rantai keteng adalah bagian yang menghubungkan noken as dengan kruk as. Kalian harus melepaskan rantai keteng untuk melepaskan noken as standar dari mesin. Hati-hati saat melepaskan rantai keteng, jangan sampai melar atau putus.
  • Lepaskan noken as standar Satria FU kalian dengan menggunakan tang. Noken as standar adalah bagian yang berbentuk bulat dan bergerigi di atas klep. Kalian harus melepaskan noken as standar untuk menggantinya dengan noken as racing. Hati-hati saat melepaskan noken as standar, jangan sampai melukai atau menggoresnya.
  • Pasang noken as racing Satria FU kalian dengan menggunakan tang. Noken as racing adalah bagian yang berbentuk bulat dan bergerigi di atas klep yang baru kalian beli. Kalian harus memasang noken as racing dengan cara yang sama seperti melepaskan noken as standar. Pastikan noken as racing sudah terpasang dengan rapat dan rata pada mesin. Juga oleskan pelumas pada noken as racing sebelum memasangnya.
  • Pasang kembali rantai keteng Satria FU kalian dengan menggunakan obeng. Rantai keteng adalah bagian yang menghubungkan noken as dengan kruk as. Kalian harus memasang kembali rantai keteng dengan cara yang sama seperti melepaskan rantai keteng. Pastikan rantai keteng sudah terpasang dengan kencang dan tidak melar atau kendor.
  • Pasang kembali tutup klep Satria FU kalian dengan menggunakan kunci pas. Tutup klep adalah bagian yang menutupi noken as dan klep di atas silinder. Kalian harus memasang kembali tutup klep dengan cara yang sama seperti membuka tutup klep. Pastikan tutup klep sudah terpasang dengan rapat dan tidak bocor atau retak.
  • Pasang kembali aki dan busi Satria FU kalian dengan menggunakan kunci pas. Aki dan busi adalah bagian yang berhubungan dengan sistem listrik dan pengapian mesin. Kalian harus memasang kembali aki dan busi dengan cara yang sama seperti melepaskan aki dan busi. Pastikan aki dan busi sudah terpasang dengan benar dan tidak korsleting atau mati.

Kesimpulan

Noken as racing adalah salah satu modifikasi yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan performa mesin Satria FU kalian. Namun, kalian harus memperhatikan perbedaan antara noken as in dan noken as ex, serta cara memilih dan memasang noken as racing yang tepat untuk mesin Satria FU kalian. Juga, kalian harus menimbang manfaat dan risiko yang bisa kalian dapatkan dari memasang noken as racing. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang ingin memodifikasi mesin Satria FU kalian dengan noken as racing.

Share this: