Rekomendasi Tempat Wisata di Tulungagung Jawa Timur yang Hits

Tempat Wisata di Tulungagung Jawa Timur

Tempat Wisata di Tulungagung Jawa Timur – Tulungagung, sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Kota yang tenang dan damai ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan, tempat wisata yang indah, serta keramahannya yang luar biasa. Tulungagung hampir selalu hadir dalam daftar destinasi wisata bagi para pemula maupun pelancong berpengalaman dan tidak heran kalau banyak wisatawan yang memilih Tulungagung sebagai tujuan liburan mereka.

Pertama-tama, kita akan membahas daya tarik wisata alam Tulungagung. Kota ini memiliki panorama alam yang sangat memukau, dengan gunung-gunung yang menjulang tinggi, sungai-sungai yang melintas di lembah, serta persawahan yang menghijau. Salah satu tempat favorit adalah Bukit Guci, sebuah bukit yang memiliki pemandangan menuju perbukitan dan sawah yang tidak terlupakan. Wisatawan juga bisa berkunjung ke Pantai Banyu Anjlok, sebuah pantai indah yang menawarkan pemandangan laut yang tenang dan sunrise yang sangat memukau.

Untuk pengunjung yang ingin merasakan suasana tenang dan hening, ada beberapa pilihan tempat wisata budaya yang dapat dikunjungi di Tulungagung. Salah satunya adalah Goa Putri, sebuah gua alam yang terkenal dengan keindahannya dan dipercaya sebagai tempat suci oleh penduduk setempat. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi Candi Bajang Ratu, yang merupakan prasasti tertua di Jawa Timur dan dianggap sebagai peninggalan sejarah penting pada era Majapahit.

Bagi pengunjung yang mencari tantangan dan petualangan, Tulungagung memiliki beberapa tempat wisata petualangan yang sangat menarik, seperti Air Terjun Selomangleng, dan puncak gunung Wilis yang menawarkan pemandangan luar biasa di ketinggian 2,500 meter di atas permukaan laut. Selain itu wisatawan yang juga bisa datang ke tempat wisata lain di Tulungagung lainnya seperti:

Tempat Wisata di Tulungagung Jawa Timur

Rekomendasi Tempat Wisata di Tulungagung Jawa Timur

1. Menikmati Keindahan Air Terjun Puncak Becici

Tempat wisata di Tulungagung Jawa Timur yang paling menarik perhatian wisatawan adalah Air Terjun Puncak Becici. Terletak di area perkebunan teh dengan ketinggian sekitar 1.200 mdpl, menawarkan pesona alam yang indah dan menenangkan hati. Air Terjun Puncak Becici memiliki ketinggian sekitar 50 meter, membentuk arus yang mengalir deras di atas batu karang dan memperlihatkan wajah alam yang luar biasa.

Letaknya yang sudah terpencil, menyebabkan para tamu perlu untuk menempuh perjalanan cukup jauh dan menaklukan rute perjalanan yang cukup menantang. Namun, semua lelah akan terbayar lunas dengan pemandangan indah yang akan ditemui di lokasi Air Terjun Puncak Becici. Tanaman teh yang berjejer rapi memperlihatkan kesan hijau yang menyejukkan mata. Angin yang sejuk seakan menemani perjalanan wisatawan yang mencari ketenangan hidup.

Perjalanan menuju Air Terjun Puncak Becici bisa diakses melalui jalur alternatif Tulungagung – Blitar, tepatnya di Desa Begadung, Kecamatan Rejotangan. Setelah memasuki area perkebunan teh, selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan menapaki tanah yang terjal dan licin. Meskipun perjalanan yang dilalui cukup melelahkan, namun pemandangan yang ditemui akan membuat wisatawan terbawa suasana dan lupa dengan lelah yang dirasakan.

Perjalanan menuju ke Air Terjun Puncak Becici tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, tapi juga merupakan tantangan tersendiri bagi pengunjungnya. Memiliki rute yang cukup menantang, perjalanan menuju ke tempat wisata di Tulungagung ini membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian yang ekstra. Di beberapa titik tertentu, perjalanan harus dilakukan dengan mengikuti jalur kecil yang dipenuhi pepohonan dan tanaman hijau yang menonjol tinggi.

Jangan lupa untuk membawa peralatan dan perlengkapan yang lengkap seperti alas kaki yang nyaman, pakaian hangat, hingga sepatu tracking. Selain itu, pastikan kondisi tubuh prima sebelum memulai perjalanan. Karena medan yang terjal, perjalanan bisa memakan waktu yang lama sehingga harus disiapkan dengan matang.

Air Terjun Puncak Becici adalah tempat wisata di Tulungagung Jawa Timur yang memperlihatkan pesona alam yang indah dan menenangkan hati. Menikmati keunikan Air Terjun Puncak Becici membutuhkan usaha dan perjuangan yang ekstra. Namun, semua perjuangan yang dilakukan akan terbayar lunas ketika wisatawan tiba di lokasi dan disambut dengan keindahan alam yang luar biasa. Selain itu, jangan lupa membawa peralatan dan perlengkapan yang lengkap serta mengembalikan kebersihan lingkungan sekitar agar tetap terjaga kelestariannya untuk dinikmati oleh generasi mendatang.

2. Destinasi Wisata Sejarah Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman jadi tempat wisata di Tulungagung Jawa Timur menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Kampung ini memiliki sejarah panjang dalam bisnis batik, dimana batik tradisional diproduksi dengan menggunakan teknik pewarnaan alami yang diwariskan secara turun-temurun. Berkunjung ke Kampung Batik Kauman akan memberi pengunjung kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang budaya dan sejarah batik.

Di kampung ini, wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan batik tradisional melalui demonstrasi yang diadakan oleh para pengrajin batik. Selain itu, wisatawan juga dapat menyaksikan beragam produk batik yang tersedia di pasar tradisional kampung. Pengunjung akan merasa seolah-olah kembali ke masa lalu ketika tradisi batik masih sangat kuat di masyarakat.

Tidak hanya itu, Kampung Batik Kauman juga menyimpan jejak sejarah perjuangan pahlawan nasional Indonesia, yaitu Ahmad Subardjo. Pahlawan ini memainkan peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dan juga terlibat dalam Konferensi Meja Bundar sebagai perwakilan Indonesia. Di kampung ini, terdapat rumah di mana Ahmad Subardjo tinggal bersama keluarganya. Rumah yang masih terawat dengan baik ini menyimpan banyak cerita penting dalam sejarah Indonesia.

Kampung Batik Kauman menjadi destinasi wisata sejarah yang wajib didatangi bagi mereka yang ingin memperkaya pengetahuan sejarah, budaya, dan seni batik Indonesia.

3. Memahami Kearifan Lokal di Wisata Kampung Turi

Kampung Turi terletak di Tulungagung, Jawa Timur, dan merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di daerah tersebut. Tempat wisata ini menawarkan pengalaman yang unik, di mana pengunjung dapat menikmati keindahan alam, sambil belajar mengenai kebudayaan lokal dan kearifan tradisional yang masih dijaga dengan baik oleh masyarakat di sana.

Salah satu keunikan wisata Kampung Turi adalah adanya kebun teh yang terletak di kawasan tersebut. Pengunjung dapat mengunjungi kebun teh dan mempelajari bagaimana cara mengolah teh yang baik dan benar secara tradisional. Selain itu, Kampung Turi juga memiliki kerajinan tangan tradisional yang unik, seperti Anyaman Tikar dari Alam, Pupuk Organik, dan masih banyak lagi. Pengunjung bisa melakukan workshop untuk mengetahui cara membuat kerajinan tersebut dan mendapatkan pengalaman tak terlupakan.

Salah satu nilai yang dijaga oleh masyarakat Kampung Turi adalah kearifan lokal. Masyarakat di sana masih sangat memperhatikan tradisi dan mempertahankan adat-istiadat yang telah diwariskan oleh nenek moyang mereka. Maka dari itu, pengunjung dapat belajar mengenai budaya setempat dan memperoleh pengalaman yang sangat berharga. Masyarakat di sana juga sangat ramah dan terbuka terhadap wisatawan, sehingga pengunjung akan merasa nyaman selama berada di kampung tersebut.

Dalam upaya untuk mempertahankan kearifan lokal, Kampung Turi juga memiliki program-program pelatihan bagi masyarakat setempat mengenai pertanian dan kerajinan tangan. Dengan adanya program-program tersebut, diharapkan masyarakat di sana dapat terus melestarikan budaya setempat dan menciptakan lapangan pekerjaan di bidang pariwisata.

Kampung Turi merupakan destinasi wisata yang unik dan menarik di Tulungagung, Jawa Timur. Selain menawarkan keindahan alam yang memukau, pengunjung juga dapat belajar mengenai kebudayaan lokal dan kearifan tradisional yang masih dijaga dengan baik di kampung tersebut. Dalam upaya untuk mempertahankan kearifan lokal, Kampung Turi juga memiliki program-program pelatihan bagi masyarakat setempat, sehingga wisatawan juga dapat berpartisipasi dalam upaya melestarikan budaya setempat. Dengan demikian, wisata Kampung Turi akan menjadi lebih bermakna dan memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

4. Serunya Berkunjung ke Wisata Edukasi Pabrik Gula Rejoagung

Bagi sebagian orang, gula bisa jadi hanya sekadar bahan tambahan untuk menambah rasa manis pada makanan dan minuman. Namun, siapa sangka di balik gula putih yang selalu siap digunakan, terdapat sebuah pabrik yang memproduksi dan mengolahnya dari buah tanaman tebu. Di Tulungagung, tepatnya di desa Rejoagung, terdapat wisata edukasi Pabrik Gula Rejoagung yang bisa dikunjungi untuk mempelajari asal usul dan proses pembuatan gula.

Bergerak sejak tahun 1896, Pabrik Gula Rejoagung merupakan pabrik tertua di Jawa Timur yang masih aktif hingga kini. Pengunjung bisa melihat langsung proses pengolahan tebu menjadi gula yang dilakukan secara tradisional, mulai dari pengupasan, penggilingan, hingga pengeringan. Selain itu, Pabrik Gula Rejoagung juga menyediakan fasilitas museum yang memperlihatkan peralatan pengolahan tebu dan gula zaman dulu.

Bagi pengunjung yang ingin memperdalam pengetahuan tentang proses pengolahan gula, dapat mengikuti tur guide yang diadakan oleh Pabrik Gula Rejoagung. Dalam tur ini, guide akan menjelaskan secara detail proses pembuatan gula yang terjadi di depan mata pengunjung. Selain itu, pengunjung juga bisa mencicipi gula yang dihasilkan oleh Pabrik Gula Rejoagung yang memiliki cita rasa yang berbeda dengan gula putih yang biasa dijumpai di pasaran.

Tak hanya pabrik gula yang bisa dikunjungi, kawasan Pabrik Gula Rejoagung juga menyediakan wahana transportasi unik berupa kereta mini yang akan membawa pengunjung berkeliling kebun tebu yang luas. Dalam perjalanan, pengunjung dapat merasakan sensasi berkeliling kebun dengan tanaman tebu sebagai pemandangan utama. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen berharga selama perjalanan!

Berbagai kegiatan seru lainnya juga bisa dinikmati pengunjung di Pabrik Gula Rejoagung, seperti berwisata kuliner dengan mencoba makanan-makanan khas Tulungagung dan membeli oleh-oleh di toko oleh-oleh khas Pabrik Gula Rejoagung. Selain itu, kawasan Pabrik Gula Rejoagung juga dilengkapi oleh area parkir yang luas dan fasilitas toilet yang bersih dan nyaman.

Bagi pecinta sejarah dan pencinta wisata edukasi, mengunjungi Pabrik Gula Rejoagung merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Selain mendapatkan pengetahuan baru tentang proses pengolahan gula, pengunjung juga dapat bersantai dan mencicipi kuliner lokal sekaligus menikmati alam desa yang asri.

5. Menyambangi Wisata Religi Astana Gede

Astana Gede adalah sebuah kompleks pemakaman keramat yang terletak di Desa Kemiri, Kecamatan Tulungagung. Astana Gede memiliki sejarah yang panjang, hingga menjadi tempat ziarah bagi masyarakat Tulungagung dan sekitarnya. Astana Gede juga menjadi tempat yang sangat khusus bagi para pengikut agama Islam di Tulungagung.

Astana Gede memiliki pesona tersendiri yang membuat para pengunjung terpesona. Keindahan peninggalan masa lalu, seni ukir pada makam-makam, dan hamparan lapangan hijau yang asri menjadikan Astana Gede sebagai tempat yang sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata religi.

Bagi para pengunjung yang ingin melakukan ziarah ke Astana Gede, terdapat beberapa kegiatan yang bisa dilakukan. Salah satunya yaitu berziarah dan berdoa di makam-makam para wali atau para keturunan keramat yang terdapat di situs tersebut. Selain itu, terdapat juga acara tahlilan atau pengajian yang diadakan secara rutin oleh para ulama setempat. Kegiatan tersebut membuat suasana di Astana Gede semakin meriah dan religius.

Sebagai tempat wisata religi yang dikunjungi oleh banyak orang, Astana Gede juga menyediakan fasilitas yang memadai. Terdapat masjid dan musholla sebagai tempat ibadah bagi para pengunjung yang ingin beribadah. Selain itu, pihak pengurus juga menyediakan toilet dan tempat parkir untuk mempermudah para pengunjung dalam berwisata ke Astana Gede.

Astana Gede terletak di Desa Kemiri, Kecamatan Tulungagung. Akses menuju ke tempat ini sangat mudah dijangkau, karena berada di tengah kota Tulungagung. Para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti angkutan kota. Bagi para pengunjung yang berdomisili di luar Tulungagung, bisa mengakses melalui jalur darat melalui tol lingkar selatan dan keluar di gerbang Tol Metro.

6. Mendayung di Danau Rawa Pening

Tulungagung di Jawa Timur memiliki begitu banyak pesona alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Danau Rawa Pening. Danau ini menjadi tempat wisata yang populer di daerah itu karena memiliki pemandangan indah dan juga menyediakan berbagai aktivitas seru yang bisa dinikmati bersama keluarga atau teman. Salah satu aktivitas yang sangat disarankan untuk dilakukan di Danau Rawa Pening adalah mendayung.

Danau Rawa Pening memiliki areal yang sangat luas dengan panorama alam yang menakjubkan. Saat kamu mendayung perahu di danau ini, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan hijau, hutan yang rimbun, danau yang luas, dan juga pesona pegunungan yang sangat memukau. Keindahan alam inilah yang selalu menyedot wisatawan untuk datang ke sana.

Kamu tidak perlu khawatir bila belum pernah mendayung perahu di danau karena di Danau Rawa Pening sudah tersedia peralatan dan juga perahu yang bisa kamu sewa. Sensasi yang didapat saat mendayung di Danau Rawa Pening sangat berbeda karena kamu dapat merasakan ketenangan dan kebahagiaan sekaligus. Keindahan alam di sekitarmu dan suasana tenang yang ditawarkan oleh danau akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Untuk dapat melakukan aktivitas mendayung di Danau Rawa Pening, kamu harus membayar sebesar Rp 25.000 per orang termasuk sewa perahu yang sudah disediakan. Waktu terbaik untuk mendayung di danau ini adalah di pagi hari atau sore hari, karena sinar matahari tidak terlalu panas dan kamu dapat menikmati keindahan alam sekitar dengan lebih leluasa.

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan membawa kamera untuk menangkap semua momen dan keindahan alam di sekitar. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang sedang merencanakan liburan ke Tulungagung, Jawa Timur. Selamat menikmati indahnya Danau Rawa Pening dengan aktivitas mendayungnya!

7. Wisata Alam Pantai Popoh

Tempat wisata di Tulungagung yang paling menarik perhatian adalah Pantai Popoh. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata pilihan karena keindahannya yang sangat memukau. Pantai Popoh memiliki pasir yang putih dan halus serta air laut yang jernih dan biru. Bayangkan berjalan kaki di sepanjang pantai, dengan pemikiran bahwa laut itu benar-benar luas dan masih sangat indah.

Tidak hanya itu, Pantai Popoh juga memiliki karang yang sangat indah dan warna-warni yang menawan. Jika Anda suka menyelam, Anda pasti dapat melihat berbagai satwa laut yang berwarna-warni dengan kalangan yang melimpah. Selain itu, Anda juga dapat menikmati wisata kuliner berupa makanan laut segar yang dijajakan di sepanjang pantai tersebut.

Pantai Popoh memiliki semua fasilitas yang dapat membuat wisatawan nyaman selama berada di sana. Ada toilet, kantor informasi, restoran, tempat parkir dan penginapan yang membuat wisatawan dapat menginap di tempat yang nyaman dan aman. Anda juga dapat menyewa perahu nelayan untuk menjelajahi daerah sekitar Pantai Popoh.

Di samping keindahan alam yang luar biasa, Pantai Popoh juga memiliki keunikan budaya yang sangat menarik. Setiap bulan penuh ke-6 dalam kalender Jawa, masyarakat setempat mengadakan festival yang disebut “Kirab Bumi Barokah”. Dalam acara ini, masyarakat setempat mengambil harta karun dari laut, seperti ikan dan kerang yang dianggap sebagai simbol keberuntungan. Festival ini juga disertai dengan tarian tradisional dan musik keroncong yang dapat membuat wisatawan terpesona.

Untuk menuju ke Pantai Popoh, Anda bisa naik bus dari terminal Tulungagung ke terminal Brumbung. Setelah tiba di terminal Brumbung, Anda dapat naik angkutan umum ke Pantai Popoh, jaraknya sekitar 10 km. Anda juga bisa menyewa kendaraan dari Tulungagung atau Blitar, karena Pantai Popoh berjarak sekitar 70 km dari kedua kota ini.

8. Menjelajahi Goa Tetes Hujan di Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi yang ada di wilayah Jawa Timur. Gunung ini terkenal dengan keindahan pemandangan yang bisa dinikmati dari atasnya. Tapi tahukah anda bahwa Gunung Kelud juga menyimpan keindahan yang tersembunyi? Yaitu Goa Tetes Hujan!

Goa Tetes Hujan merupakan salah satu rahasia tersembunyi Gunung Kelud. Berlokasi di desa Candirejo Kecamatan Candipuro, Goa Tetes Hujan memiliki panjang 600 meter dan dibatasi oleh dua sungai kecil. Sepanjang perjalanan di goa tersebut kita akan melihat stalaktit dan stalakmit yang berwarna putih bersih. Uniknya lagi, goa ini juga memiliki tetesan air yang terus jatuh dan mengalir dari langit-langit goa. Itulah mengapa goa ini dinamakan Goa Tetes Hujan.

Untuk mencapai Goa Tetes Hujan, pengunjung harus menempuh perjalanan melewati lembah berbukit-bukit dan hutan yang masih asri. Jangan khawatir, selama perjalanan anda akan ditemani oleh penduduk setempat yang ramah dan bersahabat.

Jika anda mengunjungi Goa Tetes Hujan di bulan Desember hingga Februari, anda bisa menyaksikan keindahan kawah Gunung Kelud yang sedang aktif dengan sinar matahari terbit sebagai background. Selain itu, perjalanan ke Goa Tetes Hujan juga cocok untuk dijadikan objek wisata fotografi. Di goa tersebut, para pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang stalaktit, stalakmit, maupun air terjun kecil yang menyertai perjalanan.

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang memadai selama perjalanan ke Goa Tetes Hujan, karena jalanan menuju goa cukup menantang. Namun, dengan melewati perjalanan yang menantang, anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang sangat memukau.

9. Menyatu dengan Alam di Wisata Hutan Jati

Tempat wisata di Tulungagung Jawa Timur yang paling populer adalah Wisata Hutan Jati. Tempat ini menjadi primadona wisatawan yang ingin menikmati pesona alam dan keindahan hutan yang megah. Wisata Hutan Jati menawarkan pesona panorama yang memukau dan keindahan alam yang asri dan menyatu dengan alam. Wisatawan dapat menikmati keindahan hijau alami dan suasana yang menyejukkan.

Untuk menikmati keindahan Wisata Hutan Jati, wisatawan dapat mengeksplorasi berbagai rute yang telah disediakan. Ada wisatawan yang menyukai rute pegunungan yang menantang, sedangkan ada juga yang lebih suka rute santai yang lebih pas untuk piknik bersama keluarga. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati suasana hutan yang menenangkan dengan berjalan-jalan di jalan setapak yang terdapat di tempat ini.

Dalam wisata Hutan Jati, wisatawan dapat menemukan berbagai spesies tanaman dan fauna. Salah satu daya tarik unik di Wisata Hutan jati adalah peternakan rusa yang terdapat di ujung kebun. Pengunjung juga bisa bersepeda sambil menikmati keindahan hutan yang menyegarkan. Tempat ini memiliki rute berkelok, dengan tanjakan dan turunan cukup terjal, sehingga bisa menjadi tantangan yang menantang bagi para pengunjung yang menyukai sepeda gunung.

Menikmati keindahan alam di Wisata Hutan Jati tidak akan lengkap tanpa merasakan wisata kuliner yang lezat. Wisatawan bisa menikmati berbagai makanan tradisional dan minuman khas di tempat wisata ini. Selain itu, wisata Hutan Jati juga menawarkan berbagai spot foto yang cantik dan instagramable, seperti rerumputan hijau, pohon-pohon besar, dan air terjun yang menakjubkan.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana alam yang indah, Wisata Hutan Jati adalah pilihan tepat. Wisatawan dapat menemukan suasana yang menenangkan dan merasakan persatuan dengan alam yang indah dan menawan di tempat ini. Dengan keindahan yang melebihi ekspektasi, Wisata Hutan Jati benar-benar menyatu dengan alam dan menjadi sebuah pengalaman wisata yang tak terlupakan.

11. Menuru Bumi Perkemahan Taman Wisata Rekreasi Bendungan Selorejo

Menuru merupakan sebuah destinasi wisata yang ketika dikunjungi akan memanjakan mata dengan keindahan alam di sekitar. Dari atas bukit Menuru, pengunjung bisa menikmati pemandangan gunung-gunung yang melingkupi kawasan Tulungagung. Tak hanya itu, disana terdapat pula spot foto dengan latar belakang panorama yang memukau.

Bagi Anda yang penggemar camping atau berkunjung bersama keluarga, Bumi Perkemahan Kedung Taman adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Selain bisa menikmati suasana alam, Anda juga dapat merasakan sensasi berkemah yang menyenangkan di sana. Fasilitas yang telah disediakan pun cukup lengkap, meskipun harganya sedikit mahal.

Taman Wisata Rekreasi atau yang sering disebut Taman Rekreasi Kota merupakan salah satu tempat wisata yang paling populer di Tulungagung. Lokasinya yang strategis di pusat kota membuat tempat ini mudah diakses oleh pengunjung. Selain itu, taman wisata ini memiliki berbagai wahana seperti flying fox, kolam renang, dan tempat bermain anak yang dipenuhi mainan dan atraksi.

Selorejo adalah bendungan yang letaknya di kawasan Tulungagung. Siapa yang menduga jika destinasi wisata yang satu ini terkenal dengan keindahan hamparan danau yang begitu menakjubkan. Pengunjung yang berkunjung ke sana memiliki banyak aktivitas yang bisa dilakukan, seperti bersepeda, memancing, atau sekedar berjalan di sekitar danau. Selorejo juga dikenal sebagai tempat wajib bagi pecinta fotografi dengan latar belakang panoramanya yang cantik.

Demikianlah beberapa tempat wisata di Tulungagung yang tak kalah menarik dari destinasi wisata di daerah lainnya. Dengan keindahan alam dan budaya yang dimiliki Tulungagung, diharapkan para pengunjung dapat mengapresiasi dan memperkenalkan destinasi wisata ini ke seluruh dunia. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan liburan Anda ke Tulungagung dan nikmati keindahan alamnya.

12. Tempat Wisata di Tulungagung Jawa Timur: Menikmati Senja di Bukit Geger Sunten

Bukit Geger Sunten, atau yang juga dikenal dengan Bukit Daun, merupakan satu-satunya spot wisata di Tulungagung yang menawarkan panorama matahari terbenam yang indah. Terletak di Desa Kampunganyar, Kecamatan Kalidawir, Bukit Geger Sunten memiliki ketinggian sekitar 350 meter dari permukaan laut, menjadikannya sebagai spot yang strategis untuk menikmati keindahan senja.

Untuk mencapai puncak Bukit Geger Sunten, pengunjung harus trekking sejauh sekitar 500 meter dari parkiran mobil. Namun, perjalanan yang harus ditempuh tidak akan mengecewakan karena akan disuguhkan pemandangan yang memanjakan mata. Dari atas bukit, pengunjung bisa menikmati panorama perbukitan Tulungagung yang hijau dan udara segar.

Selain itu, Bukit Geger Sunten juga memiliki spot foto yang instagramable di mana pengunjung dapat mengabadikan momen keindahan senja sebagai latar belakang foto. Alternatif lainnya, pengunjung juga dapat menyaksikan gemerlap lampu kota Tulungagung yang indah di malam hari.

Tidak hanya menawarkan keindahan alam semata, Bukit Geger Sunten juga memiliki fasilitas yang memadai bagi pengunjung seperti tempat parkir yang luas, toilet, lapangan parkir, dan warung yang menjual snack dan minuman.

Dari kejauhan, Bukit Geger Sunten tampak seperti perbukitan yang biasa saja. Namun, saat mendapatkan puncaknya, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan panorama matahari terbenam yang tak bisa dibeli dengan apapun. Inilah yang membuat Bukit Geger Sunten menjadi salah satu tempat wisata di Tulungagung yang harus dikunjungi, terutama bagi mereka yang mencari kesegaran dan keindahan alam yang masih asli.

13. Wisata Mandiri dengan Berkebun di Agrowisata Durian Bayem

Agrowisata Durian Bayem terletak di Desa Banyuurip, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Wisata mandiri dengan berkebun ini menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Dalam suasana pedesaan yang sangat indah, pengunjung dapat menikmati pengalaman berkebun yang menyenangkan.

Meski termasuk dalam wisata mandiri, Agrowisata Durian Bayem tidak ketinggalan dalam menyuguhkan pengunjungnya dengan berbagai jenis buah. Salah satu buah yang menjadi primadona dari tempat wisata ini adalah buah durian. Durian yang dipetik langsung dari pohonnya memberikan rasa yang sangat segar dan enak. Selain durian, para pengunjung juga dapat menemukan buah-buah lainnya seperti rambutan, mangga, salak, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya dapat menikmati buah-buahan segar, pengunjung juga dapat belajar berkebun di Agrowisata Durian Bayem. Tempat ini menyediakan fasilitas untuk belajar berkebun secara mandiri, seperti sewa tanah, menyediakan benih, alat tanam, dan pemupukan. Selain itu, Agrowisata Durian Bayem juga memberikan pelatihan tentang teknik berkebun yang tepat dan baik. Dengan begitu, para pengunjung dapat merasakan langsung pengalaman menanam dari nol hingga bisa panen sendiri.

Ketika berkunjung ke Agrowisata Durian Bayem, pengunjung akan disambut dengan suasana pedesaan yang menyejukkan. Udara yang segar dan suasana kebun yang asri akan membuat siapa saja merasa nyaman dan tenang. Selain itu, panorama yang indah dan alami juga bisa menjadi tempat untuk menenangkan diri dan melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Di sini juga terdapat spot yang cocok untuk pengambilan gambar atau bersantai.

Tak hanya menyajikan pengalaman berkebun, Agrowisata Durian Bayem juga memiliki restoran yang menyuguhkan hidangan dengan bahan-bahan alami yang berasal dari kebun di sekitar lokasi. Para pengunjung dapat menikmati kuliner khas sekitar sambil menikmati pemandangan indah dari kebun durian yang hijau dan asri.

Agrowisata Durian Bayem adalah tempat wisata yang sangat cocok untuk para penyuka wisata mandiri dan pecinta alam. Dengan suasana yang asri dan panorama yang memukau, wisata mandiri dengan berkebun di Agrowisata Durian Bayem akan memberikan pengalaman berkesan bagi para pengunjungnya.

14. Mengunjungi Museum Kambang Kuning untuk Menelusuri Sejarah Tulungagung

Tulungagung, salah satu kabupaten di Jawa Timur, memiliki banyak tempat wisata menarik yang belakangan mulai populer di kalangan wisatawan. Tidak hanya wisata alam, tetapi Tulungagung juga memiliki tempat wisata sejarah, salah satunya adalah Museum Kambang Kuning.

Museum Kambang Kuning adalah museum sejarah lokal yang memiliki banyak koleksi artefak bersejarah yang berasal dari berbagai kebudayaan. Museum ini bertempat di bekas bangunan perkantoran VOC yang terletak di tengah kota Tulungagung. Bentuk bangunannya pun sangat menarik karena bergaya Belanda. Saat masuk ke dalam museum, pengunjung akan disambut dengan suasana yang unik dan kental dengan aroma sejarah.

Di dalam museum, terdapat banyak koleksi yang berkaitan dengan sejarah Tulungagung. Dari artefak alat musik tradisional hingga koleksi senjata dan peralatan arkeologi. Tidak hanya koleksi materi, namun museum juga memiliki koleksi foto-foto bersejarah yang bisa membantu pengunjung dalam memahami cerita sejarah Tulungagung.

Setiap artefak yang dipamerkan di Museum Kambang Kuning memiliki cerita yang menarik dan bisa menginspirasi pengunjung. Meskipun koleksi yang dipamerkan tak sebanyak museum besar lainnya, namun pengunjung bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengeksplorasi setiap sudut museum dan menikmati kisah dari masing-masing artefak.

Dengan mengunjungi Museum Kambang Kuning, pengunjung bisa mengetahui perkembangan sejarah Tulungagung dari zaman prasejarah hingga zaman modern. Selain informative, Museum Kambang Kuning juga menarik untuk dijadikan tempat berfoto karena bangunannya yang instagramable dan suasana yang kental dengan nuansa sejarah.

Jika Anda tertarik dengan sejarah Tulungagung, Museum Kambang Kuning adalah tempat yang wajib dikunjungi untuk menambahkan wawasan. Selain memamerkan koleksi artefak bersejarah, museum juga menyediakan pemandu yang handal dan ramah untuk menjawab pertanyaan pengunjung. Pengunjung juga bisa membeli merchandise atau buku sejarah sebagai kenang-kenangan di toko suvenir museum.

Selain Museum Kambang Kuning, masih banyak tempat wisata menarik lainnya di Tulungagung yang patut dikunjungi, seperti Bukit Kapur, Air Terjun Banyu Anjlok, dan Pantai Popoh. Jika Anda ingin memperdalam wawasan sejarah, kunjungi Museum Kambang Kuning dan jelajahi secara langsung sejarah Tulungagung dari masa ke masa.

Akhir Kata

Secara keseluruhan, Tulungagung memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mungkin dari salah satu rekomendasi tempat wisata di Tulungagung Jawa Timur yang datahub.id sajikan merupakan salah satu destinasi yang ingin dikunjungi.

Selain itu, ada banyak wisata di sana mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata kuliner hingga wisata religi, semuanya tersedia di sini. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan oleh beberapa tempat wisata juga cukup lengkap dengan berbagai macam tempat untuk menginap serta kuliner-kuliner lezat khas Tulungagung.

Share this: